Observasi biasanya merujuk pada Proses Pembelajaran Mengajar. Observasi guru dalam PMM merupakan kegiatan dimana seorang pengamat atau evaluator memantau dan menilai kinerja seorang guru saat mengajar. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan umpan balik konstruktif kepada guru agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran mereka
Berdasarkan penilaian observasi kinerja guru, beberapa rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran dapat mencakup pelatihan tambahan untuk memperbaiki keterampilan atau pengetahuan yang ditemukan kurang, dukungan melalui mentoring atau pembimbingan untuk pengembangan profesional yang lebih mendalam, penyediaan sumber daya tambahan seperti bahan bacaan atau teknologi pendidikan, kolaborasi antar guru untuk bertukar praktik terbaik, perencanaan pembelajaran yang lebih efektif dengan penggunaan strategi yang bervariasi, dan umpan balik yang terus-menerus dan mendalam tentang kinerja mereka untuk memperbaiki kelemahan dan memperkuat kekuatan mereka sebagai pendidik. Dengan menerapkan rekomendasi ini, guru dapat terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa.
Setelah melakukan observasi kinerja guru, langkah-langkah tindak lanjut yang direkomendasikan meliputi mengadakan sesi umpan balik satu-satu antara pengamat dan guru untuk membahas temuan observasi, merencanakan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kinerja berdasarkan temuan tersebut, memberikan dukungan tambahan seperti pelatihan atau bimbingan, menjadwalkan pertemuan berkala untuk memantau kemajuan guru dalam menerapkan tindakan perbaikan, mendorong partisipasi dalam kegiatan pengembangan profesional, mendukung kolaborasi antar guru untuk bertukar pengalaman, dan memberikan umpan balik terus-menerus untuk membantu guru tumbuh dan berkembang sebagai pendidik. Dengan pendekatan ini, diharapkan guru dapat terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa.
Semoga dengan kegiatan ini membuat satuan pendidikan lebih kuat dan maju dengan meningkatnya kinerja guru secara berkala.